Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Postingan kali ini masih berkaitan dengan projek warnet, mengenai mangle dan management bandwidth. Maksud dan tujuan konfigurasi ini yaitu, untuk memberikan limitasi bandwidth yang didapat pada setiap client. Membedakan jalur koneksi untuk browsing dan game online. Kami mendapat bandwidth sebesar 5 mb dari ISP. Berikut tutorialnya.
Langkah - langkah :
Sebelum membuat mangle kita harus mengimport ip address di router nice ke address-list nice di routerOS. Nice adalah kumpulan ip address local.
Cara mengimport nice : disini file nice sudah disave didalam notepad dan diletakkan di data laptop
Pilih menu Files
Cari file nice yang sudah disave di notepad kemudian copy
Pilih menu IP - Firewall, kemudian pada tab mangle pilih icon + untuk membuat mangle
Langkah - langkah :
Sebelum membuat mangle kita harus mengimport ip address di router nice ke address-list nice di routerOS. Nice adalah kumpulan ip address local.
Cara mengimport nice : disini file nice sudah disave didalam notepad dan diletakkan di data laptop
Pilih menu Files
Paste file nice kedalam menu files
Buka file nice kemudian import file nice dengan script dibawah ini
Cara membuat mangle :
Pembuatan Mangle Game Online
Pembuatan Mangle Point Blank :
1. Port TCP
- Chain = Prerouting ( digunakan jika memakai switch yang unmanageable )
- Src Address = 192.168.2.0/24 ( ip network )
- Protocol = TCP
- DST Port = 39190
- Action = mark connection ( menandai koneksi melewati router )
- New - Connection Mark = Koneksi - Game ( nama penandaan koneksi )
- Klik Ok
- Beri comment untuk mengetahui mangle point blank
2. Port UDP
- Chain = Prerouting ( digunakan jika memakai switch yang unmanageable )
- Src Address = 192.168.2.0/24 ( ip network )
- Protocol = UDP
- DST Port = 40000 - 40010
- Action = mark connection ( menandai koneksi melewati router )
- New - Connection Mark = Koneksi - Game ( nama penandaan koneksi )
- Klik Ok
Pembuatan Mangle Ayo Dance :
1. Port TCP
- Chain = Prerouting ( digunakan jika memakai switch yang unmanageable )
- Src Address = 192.168.2.0/24 ( ip network )
- Protocol = TCP
- DST Port = 18901 - 18909
- Action = mark connection ( menandai koneksi melewati router )
- New - Connection Mark = Koneksi - Game ( nama penandaan koneksi )
- Klik Ok
- Beri comment untuk mengetahui mangle ayo dance
Pembuatan Mangle Modoo Marble :
1. Port TCP
- Chain = Prerouting ( digunakan jika memakai switch yang unmanageable )
- Src Address = 192.168.2.0/24 ( ip network )
- Protocol = TCP
- DST Port = 28901 - 28920
- Action = mark connection ( menandai koneksi melewati router )
- New - Connection Mark = Koneksi - Game ( nama penandaan koneksi )
- Klik Ok
- Beri comment untuk mengetahui mangle modoo marble
Pembuatan Mark Packet Untuk Semua Game Online :
- Chain = Prerouting ( digunakan jika memakai switch yang unmanageable )
- Connection Mark = Koneksi - Game ( menandai paket yang bernama koneksi game )
- Action = mark packet ( menandai koneksi paket yang melewati router )
- New - Connection Mark = Paket - Game ( nama penandaan untuk paket game online )
- Hilangkan tanda ceklis pada passthrough
- Klik Ok
Pembuatan Mangle Browsing
Pembuatan Mangle IIX :
- Chain = Forward
- Src Address = 192.168.2.0/24 ( ip network )
- Out. Interface = ether1
- Dst. Address List = nice
- Action = mark connection ( menandai koneksi melewati router )
- New - Connection Mark = Koneksi - IIX ( nama penandaan koneksi )
- Klik Ok
Pembuatan Mangle INTL :
- Chain = Forward
- Src Address = 192.168.2.0/24 ( ip network )
- Out. Interface = ether1
- Dst. Address List = beri tanda pada nice
- Action = mark connection ( menandai koneksi melewati router )
- New - Connection Mark = Koneksi - INTL ( nama penandaan koneksi )
- Klik Ok
- Beri comment untuk mengetahui mangle browsing
Pembuatan Mark Packet Untuk IIX :
- Chain = Prerouting ( digunakan jika memakai switch yang unmanageable )
- Connection Mark = Paket - IIX ( menandai paket yang bernama koneksi iix )
- Action = mark packet ( menandai koneksi paket yang melewati router )
- New - Connection Mark = Paket - IIX ( nama penandaan untuk paket iix )
- Hilangkan tanda ceklis pada passthrough
- Klik Ok
Pembuatan Mark Packet Untuk INTL :
- Chain = Prerouting ( digunakan jika memakai switch yang unmanageable )
- Connection Mark = Paket - INTL ( menandai paket yang bernama koneksi intl )
- Action = mark packet ( menandai koneksi paket yang melewati router )
- New - Connection Mark = Paket - INTL ( nama penandaan untuk paket intl )
- Hilangkan tanda ceklis pada passthrough
- Klik Ok
Hasil pembuatan mangle game online dan browsing
Pembuatan Bandwidth
Pembutan bandwidth, tujuan dari pembuatan bandwidth adalah untuk melimit bandwidth pada semua pc client agar semua sama rata.
Cara melimitasi bandwidth :
Pilih menu Queues kemudian klik icon +
Pembuatan Parent Total Bandwidth
- Name = Total Bandwidth
- Target = 192.168.2.0/24
- Target Upload Max Limit = 5M
- Target Download Max Limit = 5M
- Packet Marks = Paket - IIX & Paket - INTL
- Queue Type = default
Pembuatan Parent Koneksi IIX
- Name = A. Koneksi IIX
- Target = 192.168.2.0/24
- Target Upload Max Limit = 2M
- Target Download Max Limit = 2M
- Packet Marks = Paket - IIX
- Queue Type = default
- Parent = Total Bandwidth
- Klik Ok
Pembuatan Parent Koneksi INTL
- Name = B. Koneksi INTL
- Target = 192.168.2.0/24
- Target Upload Max Limit = 2M
- Target Download Max Limit = 2M
- Packet Marks = Paket - INTL
- Queue Type = default
- Parent = Total Bandwidth
- Klik Ok
Limitasi Bandwidth Koneksi IIX
PC 1 :
- Name = PC - 1 IIX
- Target = 192.168.2.2
- Target Upload Max Limit = 512k
- Target Download Max Limit = 512k
- Burst Limit = 1M
- Burst Threshold = 512k
- Burst Time = 30s
- Packet Marks = Paket - IIX
- Target Upload Limit At = 196k
- Target Download Limit At = 196k
- Queue Type = default
- Parent = A. Koneksi IIX
PC 2 :
- Name = PC - 2 IIX
- Target = 192.168.2.3
- Target Upload Max Limit = 512k
- Target Download Max Limit = 512k
- Burst Limit = 1M
- Burst Threshold = 512k
- Burst Time = 30s
- Packet Marks = Paket - IIX
- Target Upload Limit At = 196k
- Target Download Limit At = 196k
- Queue Type = default
- Parent = A. Koneksi IIX
Limitasi Bandwidth Koneksi INTL
PC 1 :
- Name = PC - 1 INTL
- Target = 192.168.2.2
- Target Upload Max Limit = 512k
- Target Download Max Limit = 512k
- Burst Limit = 1M
- Burst Threshold = 512k
- Burst Time = 30s
- Packet Marks = Paket - INTL
- Target Upload Limit At = 196k
- Target Download Limit At = 196k
- Queue Type = default
- Parent = B. Koneksi INTL
PC 2 :
- Name = PC - 1 INTL
- Target = 192.168.2.3
- Target Upload Max Limit = 512k
- Target Download Max Limit = 512k
- Burst Limit = 1M
- Burst Threshold = 512k
- Burst Time = 30s
- Packet Marks = Paket - INTL
- Target Upload Limit At = 196k
- Target Download Limit At = 196k
- Queue Type = default
- Parent = B. Koneksi INTL
Pembuktian Game Online
Tes game online, mainkan game online kemudian cek pada mangle :
- Port tcp akan berjalan mulai dari login game online / ketika game distart
- Port udp akan berjalan jika game sudah dimainkan
- Paket game pada mangle juga akan berjalan
Pembuktian Browser
Test kecepatan upload dan download pada tiap client di speedtest
Terlihat PC - 1 mendapat kecepatan hampir 2 Mbps. Hal ini dikarenakan hanya PC - 1 yang menggunkana internet. Jika ada 2 PC yang menggunkana internet maka secara otomatis bandwidth akan dibagi menjadi 2, jika 3 PC yang menggunakan internet maka secara otomatis bandwidth akan dibagi menjadi 3 dan seterusnya.
- Jika membuka situs local maka bandwidth akan terdeteksi di Paket - IIX
- Jika membuka situs internasionala maka bandwidth akan terdeteksi di Paket - INTL
Terima Kasih
Semoga Bermanfaat
0 komentar:
Posting Komentar