Kamis, 30 Oktober 2014


Pengertian dari jaringan LAN, MAN dan WAN

       Jaringan Komputer secara umum ada 5 macam, yaitu LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), WAN (Wide Area Network). Sebenarnya, konsep dari Jenis Jaringan Komputer sama, yaitu untuk menghubungkan berbagai perangkat jaringan untuk dapat berkomunikasi dan berbagi sumber daya. Hanya yang membedakan adalah dari letak geologis-nya (mencakup wilayah dan area jaringan) dan teknologi yang digunakan (seperti penggunaan jenis kabel yang berbeda, IP Addressing sesuai kelas-nya, dan sistem keamanan (security) yang berbeda).





1. LAN (Local Area Network)

Local Area Network atau LAN, merupakan suatu Jenis Jaringan Komputer dengan mencakup wilayah lokal. Dengan menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana dan populer, seperti menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya. Contoh : Warnet

Keuntungan :
1.Irit biaya
2.Lebih cepat karena mencakup wilayah yang sempit
3.Tidak memerlukan operator

Kerugian :
1.Tidak bisa jarak jauh

2.Bisa kabel semakin panjang, transfer data semakin lama


2. MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network atau MAN, merupakan Jenis Jaringan Komputer yang lebih luas dan lebih canggih dari Jenis Jaringan Komputer LAN. Disebut Metropolitan Area Network karena Jenis Jaringan Komputer MAN ini biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya.

Kelebihan :
1.Mencakup wilayah yang luas
2.Komunikasi lebih efisien
3.Keamanan jaringan lebih baik

Kerugian :
1.Biaya operasional yang mahal

2.Perbaikan jaringan yang cukup lama


3. WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network atau WAN, merupakan Jenis Jaringan Komputer yang lebih luas dan lebih canggih daripada Jenis Jaringan Komputer LAN dan MAN. Teknologi jaringanWAN biasa digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain atau dari satu benua ke benua yang lainnya.

Keuntungan :
1.Cakupan jaringan sangat luas
2.Jaringan lebih rahasia

Kerugian :
1.Biaya operasional sangat mahal
2.Perawatan jaringan sangat berat

Posted by Unknown On 14.56 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

    Blogger news

    Blogroll

    About